Tips Sikap Interview

10.30

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Selamat Pagi - Good Morning
Selamat Siang - Good Noon
Selamat Sore - Good Afternoon
Selamat Malam - Good Evening

Hari ini tepatnya hari minggu tanggal 8 November 2015 ane belum tidur dari semalam..
Kok ada ya orang kayak ane, kuat banget gak tidur semalaman gara-gara pantengin monitor. Bukan nge-game, tapi masih dalam misi penyelidikan ane. Entah apa yang bisa dilakuin saat ini untuk bisa tidur malam seperti sedia kala.. "Hayati Lelah" merupakan ungkapan populer yang cocok buat ane hahaha
Semua dimulai dari hari senin kemarin. Sialnya, hari Jum'at tanggal 6 kemarin adalah hari pertama ane ada panggilan interview oleh salah satu perusahaan konstruksi swasta di Surabaya. Yang dipikir bukan gimana jawab pertanyaan, tapi mikir malam itu tidur atau nggak hahaha
Ternyata ane pilih tidur aja dahh. Aneh ya, tidur aja pake dipikir.

Eh sorry, hari ini aku mau cerita sedikit pengalaman tentang interview kemarin.
Ada kejadian lucu terjadi saat pencarian batang hidung perusahaan yang ane tuju. Tersesat akibat kesalahan mbah Google maps dan Street view nya dalam letakin gedung perusahaan. Nama jalan sih bener, tapi nama rukonya yang beda. Ane tanya sana-sini gak ada yang tau nama perusahaan itu, mangkeli kan..
Tapi yang bikin seneng itu pas ane berdiri di depan kantor lupa namanya untuk tanya alamat tujuan, terlihat sosok kakak cantik keluar dari peradabannya. Nah jadi lupa mau tanya apa, dalam hati pengen tanya "Ada pin BB gak ?" hahahahaha, ane kenal aja nggak. Wajahnya itu loohhh yang bikin sejuk gaaannnn..

Lanjut Pencarian.. My Trip, Mencari Alamat..
Untung saja bukan Ayu Tong-Tong.
Sampai di tujuan, ane dipersilahkan masuk dan ane mengeluarkan berkas dari tas hitam kusut ane.
Saat sesi tanya jawab dimulai, orang dihadapan ane itu sibuk baca berkas yang ane serahkan.
Oke, sekarang Waktunya dikepoin..

  • Pertanyaan pertama yang dilontarkan adalah "Tau dari mana iklan lowongannya ?". Ane jawab "website pak". Pikiran ane pengen jawab "laptop saya pak".
  • Pertanyaan kedua, "Oh, baru lulus ya?". Sebenarnya pertanyaan ini gak usah dijawab tapi tetep ane jawab "Iya pak, baru lulus bulan september. Wisudanya tanggal 31 Oktober kemarin pak".
  • Pertanyaan ketiga ini gak penting banget, yang ditanya malah "lulusan darimana mas ?".  Ane langsung bertanya dalam hati, itu berkas dibaca atau digimanain sih ? pertanyaannya kok gak puueeenting bellaaaassss...
  • Sampai ke pertanyaan terakhir adalah "ini masnya bisa kalau di luar pulau ?" maksudnya itu proyeknya di luar pulau alias di kalimantan. Spontan ane jawab, "Belum bisa pak" hahaha ane tolak mentah-mentah tuh pertanyaan.

Dari hasil kepo-kepoan itu, ane gak jadi kerja di perusahaan itu. Maklum gan lulusan baru, belum pengen jauh dari orang tua satu-satunya dirumah yaitu "mama" hahaha

Oh ya, ane kasih 3 saran tentang Sikap saat interview (Mas Raden Version). Cara ane sendiri dan berhasil.
1. Pertama, tebarkan sedikit senyuman jangan terlalu lebar. Fungsinya adalah untuk menghilangkan grogi dan gak jadi orang kaku untuk yang pertama kali interview.
2. Kedua, jangan memandang sekitar orang kepo. Tatap terus mata orang kepo tersebut saat ditanya maupun gak ditanya termasuk saat dipandang oleh orang kepo itu, kita jangan mengalihkan pandangan. Itu akan memfokuskan sekaligus mempersiapkan jawaban agan dan juga untuk meyakinkan bahwa agan adalah orang yang diinginkan perusahaan.
3. Ketiga, duduk dengan santai gak usah tegang. Anggap saja orang dihadapan itu adalah teman baru agan. Kalau diterima, akhirnya kan jadi teman agan juga hehehe

Catatan : Sebelum interview, pelajari lagi tentang deskripsi dan posisi pekerjaan yang agan pilih. Pelajari juga tentang berkas-berkas milik agan seperti sertifikat dan lain-lain, khawatir agan lupa.

Okelah cukup sekian dari Mas "Raden Chairul Musthofa"

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

You Might Also Like

0 komentar

Company

Company

Campus

Civil Engineering